Pekerjaan teknisi meja bantuan (help desk)
Pekerjaan teknisi meja bantuan (help desk)
Pengertian
Helpdesk
Helpdesk
pada dasarnya adalah sebuah center point dimana masalah atau issue
dilaporkan dan diatur secara terurut dan diorganisasikan. Dari perspektif umum,
helpdesk merupakan bagian pelengkap dari sebuah fungsi pelayanan, dan
bertanggung jawab sebagai sumber dari pemecahan masalah atau issue
lainnya. (http://www.help-desk-world.com/help-desk.htm
).
Menurut Wooten (2001, p5), ”Helpdesk is a formal organization
that provides support function to users of the companies product, services, or
technology”. Jadi helpdesk merupakan bagian dari perusahaan yang
menyediakan dokumen fungsi produk, servis atau teknologi dari perusahaan
tersebut.
Helpdesk adalah sebuah departemen atau bagian dalam perusahaan yang
melayani atau menanggapi pertanyaan teknis pengguna. Helpdesk digunakan
untuk menjawab pertanyaanclient. Pertanyaan dan jawaban dapat
disampaikan melalui telepon, email, web atau fax. Bahkan
ada software helpdesk yang membuat orang lebih mudah untuk
menjalankan helpdesk dengan cepat untuk menemukan jawaban yang bersifat
umum. (http://www.webpcwebipedia.com
)
Berdasarkan
definisi diatas helpdesk merupakan bagian struktur atau program yang menangani
pertanyaan dan keluhan baik itu dari pihak internal atau pihal eksternal dengan
menyediakan informasi atau solusi yang dibutuhkan pengguna.
Kelebihan
Helpdesk
Helpdesk
memberikan pelayanan terbaik pada penggunanya serta dapat menurangi biaya. Hal ini
dikarenakan berbagai keuntungan penggunaan helpdesk.
1.
Helpdesk
dapat memberikan solusi atas pertanyaan – pertanyaan dalam kurun waktu singkat.
2. Helpdesk
dapat mengecek permasalahan yang ada dan mengatur pembagian staff.
3. Helpdesk
dapat meningkatkan efisiensi perusahaan dalam menangani pertanyaan dan keluhan
pelanggan.
4. Helpdesk
dapat memberi laporan kerja perkembangan kinerja para staff dan pimpinan.
5.
Helpdesk dapat menangani pertanyaan dan
keluhan yang sejenis karena pertanyaan dan keluhan dicatat.
Cara Kerja HelpDesk

Berikut
adalah beberapa feature dari aplikasi Trelis Desk:
Acount
Acount yang tidak terbatas untuk kategori staff yang
dapat merespon lampiran file berdasarkan basis pengetahuan yang telah diketahui
sebelumnya (artikel,kategori,pencarian, dll) dan file tertentu pada “Submit a
ticket”
Managemen Pengguna
Email
Managemen pengguna email berdasarkan pada basis
kesalahan email system.
Pembagian
tiket berdasarkan departement
Dengan
feature ini maka semua departement dapat menerima permintaan dukungan dan tidak
tertutup untuk bagian IT saja. Misalnya departement Supply Chain Management
yang menangani masalah inventaris barang dan sirkulasi barang dapat menggunakan
aplikasi ini untuk menangani permintaan barang dari departement atau cabang
kantor lain.
Prioritas
tiket
Tiket dapat
dibuat dan diberikan prioritas apakah tiket tersebut bersifat penting atau
biasa saja. Dengan demikian bagian yang menerima tiket dapat memberikan
dukungan dengan tepat sesuai prioritas tingkat kepentingan.
Pengalihan
tiket
Tiket dapat
dialihkan kepada staff tertentu sehingga tiket tersebut dapat ditangani oleh
staff tersebut dan bertanggung jawab atas penyelesaian tiket tersebut.
Pengaturan
hak akses berdasarkan group
Aplikasi ini
memiliki tingkat akses berlevel yang dibagi berdasarkan group sehingga memiliki
tingkat keamanan penggunaan yang baik
Multi
Language
Secara
default aplikasi ini memiliki tampilan dengan bahasa Inggris. Namun dengan
mudah kita dapat menerjemahkan aplikasi ini ke bahasa lain yang kita inginkan.
Cukup dengan mengisi terjemahan dari kalimat-kalimat yang digunakan dalam
aplikasi.
Knowledge
Base
Memiliki
knowledge base atau basis pengetahuan yang terintegrasi. Hal ini memudahkan
kita dalam mencari langkah penyelesaian sebelum memasukkan tiket. Dengan
feature yang memberikan saran solusi yang tersedia sebelum kita memasukkan
tiket akan membantu meningkatkan efisiensi kerja karena mengurangi frekuasi
dalam menangani masalah yang sama.
Tingkatan dalam Help Desk umumnya sering disebut dengan Level help desk, yakni :
- Level 1 adalah untuk dukungan langsung yang ditangani oleh tingkat junior teknisi help desk.
- Level 2 menangani masalah yang tidak bisa diatasi oleh level 1
- Level 3 adalah untuk panggilan yang tidak dapat diselesaikan dengan layanan telepon dan memerlukan kunjungan oleh teknisi ke lokasi.
Bagaimana Help Desk itu bekerja ?
1. Front End (User)
Seorang pengguna mengalami trouble/permasalahan dengan sistem atau program yang digunakan. Karena ingin memperbaikinya, ia lalu mengirim trouble ticket kepada help desk dengan harapan masalahnya dapat diatasi.
2. Help Desk
Help Desk lalu merespon keluhan dari pengguna lalu mencoba mengatasi problematika tersebut dengan meneruskan pengiriman trouble ticket ke spesialis (back end).
Umumnya level pada tahap ini adalah level 1, di mana permasalahan kecil dapat ditangani sesegera mungkin. Ketika tahap ini belum menyelesaikan persoalan, kemudian melanjutkan pemecahan masalah ke spsesialis (Back End).
3. Back End (Spesialis)
Umumnya level pada tahap ini adalah level 1, di mana permasalahan kecil dapat ditangani sesegera mungkin. Ketika tahap ini belum menyelesaikan persoalan, kemudian melanjutkan pemecahan masalah ke spsesialis (Back End).
3. Back End (Spesialis)
Dalam tahapan ini, permasalahan akan ditangani oleh ahlinya sehingga dapat diatasi dengan efetif, efisien, baik dan benar. Proses pemecahan masalah akan menghasilkan sebuah solusi, solusi ini kemudian disampaikan kembali kepada pengguna.
Pemecah masalah :
- Admin helpdesk (Level 2)
Admin helpdesk level 2 ini memiliki tugas dan wewenang yang sama seperti level 1. Perbedaannya terletak pada tingkat keterampilannya, di mana level 2 diharapkan mampu menyelesaikan persoalan yang lebih kompleks/rumit dan membutuhkan lebih banyak pengetahuan.
- Engineer (Level 3)
Yang dimaksud engineer (level 3) yaitu seorang teknisi yang bertugas untuk sesekali mengunjungi secara langsung ke lokasi pelanggan untuk tujuan instalasi dan dukungan lainnya.
Lucky Casino Roll
BalasHapusLucky Casino rolls out a wide variety of promotions to new and existing players! Click on a 승인전화없는 사이트 button to make a deposit. 여수 휴게텔 You can get all welcome 우리계열 offers 라스 벳 on Rating: 3.9 · 20 라이브 벳 votes